Aerox 155VVA merupakan produk yang belum lama ini dikeluarkan oleh Yamaha. Dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc dan dilengkapi dengan VVA yang membuat peforma mesin stabil di rpm rendah dan tinggi.
Yamaha menyediakan 3 tipe untuk Aerox 155VVA
1. Tipe stardart
2. Tipe R version
3. Tipe S version
Fitur-fitur pada Aerox 155VVA
1. Lampu depan belakang sudah menggunakan lampu LED
2. Lampu sein masih menggunakan bohlam
3. Mesin berkapasitas 155 cc
Basic mesin menggunakan mesin N MAX
4. Menggunakan VVA yang membuat peforma mesin lebih optimal
5. Dilengkapi dengan Electric Power Socket
Yang bisa digunakan untuk mecharge hp. Tetapi harus membelikan adaptor tambahan.
6. Menggunakan Smart Motor Generator
Dimana pada Aerox 155VVA sudah tidak menggunakan dinamo stater untuk menghidupkan mesin. Sehingga suara saat start lebih halus.
7. Shock tabung (Hanya tersedia untuk versi R Version)
8. Disc brake variasi ( Hanya tersedia untuk R Version)
9. Smart key (Hanya tersedia untuk S Version)
Smart key merupakan teknologi terbaru yamaha. Dimana kendaraan tidak menggunakan kunci kontak lagi. Dimana sekarang hanya dibekali dengan anak remot yang terhubung melalui sinyal khusus.
10. ABS SYSTEM(Tersedia untuk R dan S Version)
11. Speedometer full digital
12. Menggunakan system pendingin cairan.
13. Cylinder dan piston masih tetap menggunkan diasil cylinder dan forget piston.
Dimana cylinder dan piston hanya dapat dipakai satu kali, bila rusak tidak dpat dibubut lagi/harus ganti dengan yang baru.
Berikut diatas adalah beberapa fitur yang terdapat pada Aerox 155VVA.
Tetapi ada kelemahan pada Aerox 155VVA berikut beberapa kelemahanya:
1. Sebagian besar orang menganggap shock belakang pada Aerox 155VVA terlalu empuk sehingga bila digunakan untuk berdua terdapat bunyi tumbukan.
2. Kapasitas tangki lebih kecil daripada NMAX.
3. Bukan diperuntukkan untuk medan banjir.
Kenapa saya mengantakan Aerox tidak diperuntukan untuk banjir karena
a. Posisi ECU dibawah
Bila digunakan untuk menerobos banjir ada kemungkinan ECU bisa konslet biar pun ECU sudah diberi pengaman masih ada celah untuk air masuk dan bila air sudah masuh hal ini bisa membuat ECU konslet dan motor akan mogok.
b. Air masuk ke mesin
Hal ini sangat berbahaya karena bila air masuk ke dalam mesin lebih tepatnya diruang bakar akan berakibat fatal, karena sifat air yang tidak bisa dikompresi maka hal ini akan mengakibatkan tumbukan yang berakibat pada bengkoknya conecting rod/stang piston. Bila kebengkokkan conecting rod tidak ter indikasi dapat mengakibatkan mesin jebol.
Berikut diatas adalah spesifikasi motor Aerox 155VVA. Nah untuk batas aman banjir yang bisa dilewati saya kurang tau. Saya sarankan bila kondisi banjir motor tidak usah dipakai dulu karena resiko yang lumayan besar bila motor dipakai di kondisi banjir.
Sekian dulu dari saya semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Bila ada kesalahan atau kekurangan silahkan tambahkan dikolom komentar.
Terima kasih.
No comments:
Post a Comment