Untuk kali ini saya mau berbagi mengenai nama dan fungsi komponen motor injeksi.
Pada motor injeksi terdiri dari berbagai macam komponen yang memiliki fungsi masing-masing.
Berikut nama komponen dan fungsinya:
Ecu adalah komponen utama motor injeksi, karena ECU sebagai otaknya motor injeksi. Fungsinya menerima data dari sensor-sensor dan memerintahkan actuator untuk bekerja. Dalam bahasa bengkel ada yang menyebutnya CDI.
2. TPS(Throttle Position Sensor)
Berfungsi untuk mengetahui sudut pembukaan katup throttle body. TPS yang ini bukan tempat pemungutan suara lo sobat semua.
3. IATS(Intake Air Temperatur Sensor)
Befungsi untuk mengetahui suhu udara yang masuk melalui throttle body.
Sensor ini sangat sensitif terhadap sentuhan, jadi hati2 ya sobat semua.
Sensor ini sangat sensitif terhadap sentuhan, jadi hati2 ya sobat semua.
4. IAPS(Intake Air Preasurre Sensor)
Berfungsi untuk mengetahui tekanan udara yang masuk ke throttle body.
5. Sensor suhu
Berfungsi untuk mengetahui suhu mesin. Jika suhu mesin masih dingin sensor suhu akan memberikan data ke ECU sehingga ECU akan menambah konsumsi bahan bakar agar cepat mencapai suhu kerja.
6. Oxsigen sensor
Berfungsi untuk mengetahui kadar oxsigen di gas buang. Jika kadar oxigen terlalu banyak oxsigen sensor akan memberi data ke ECU bahwa bahan bakar terlalu irit, begitu pula bila kadar oxsigen terlalu sedikit oxsigen sensor akan memberi data ke ECU bahwa minyak terlalu boros.
7. Sensor kecepatan
Berfungsi untuk mengetahui laju/kecepatan kendaraan.
8. Injector
Berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar sesuai perintah dari ECU berdasarkan data dari sensor-sensor.
9. Fuel pump
Berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injector. Tekanan bahan bakar pompa bervariari tergantung jenis kendaraannya.
10. Ignition coil(koil)
Berfungsi menaikkan tegangan dari aki/spul dan menyalurkannya ke busi. Sehingga pembakaran yang dihasilkan sempurna.
11. Stator assy(spull)
Sebagai pembangkit listrik pada kendaraan bermotor, juga sebagai penyuplai arus ke aki. Bila spul rusak akan mengakibatkan pengisian ke aki tidak normal atau tidak terjadi pengisian sama sekali ke aki, dan berakibat aki drop.
12. Sensor kemiringan(lean angle sensor)
Berfungsi untuk mengetahui sudut kemiringan kendaraan. Jika sudut kemiringan melebihi batas yang ditentukan mesin akan otomatis mati sendiri. Sebagai pengamana bila motor jatuh,
Sekian dulu dari saya bila ada kekurangan silahkan tambahkan dikolom komentar. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua.
Terima kasih.
No comments:
Post a Comment