Monday, 22 May 2017

Beberapa hal yang harus diperhatikan dikendaraan bermotor



Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan dikendaraan bermotor. Karena jika motor sehat maka tidak akan mengganggu perjalanan kita sehari-hari. Maka dari itu kendaraan bermotor harus kita perhatikan juga, karena kendaraan bermotor juga nyawa kita. 


Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dikendaraan bermotor: 

1. Oli mesin 

       Oli mesin merupakan bagian paling vital dikendaraan bermotor. Oli mesin seperti darah pada manusia jika darah tidak bersirkulasi ditubuh manusia maka kinerja organ-organ lain akan terganggu. Sama seperti darah, jika oli mesin tidak ada/tidak bersirkulasi maka kinerja komponen-kompenen dimesin akan terganggu dan akan mengalami kerusakan.

 Terkadang oli mesin menjadi hal yang disepelekan. Yang penting oli mesin masih ada itu tidak apa-apa. Padahal itu anggapan yang salah, karena semakin lama fungsi pelumasam oli mesin akan hilang dan oli mesin tidak dapat melumasi komponen-komponen dimesin sehingga menyebabkan keausan pada komponen-komponen mesin. Jika itu terjadi maka harus mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan kendaraan kita. 

"memang kendaraan semakin lama digunakan komponen-komponen mesinnya akan aus juga". Tetapi paling tidak kita bisa menjaga agar mesin bertahan lama.

 2. Komponen yang habis karena pemakaian 

      Dikendaraan bermotor terdapat beberapa komponen yang habis karena dipemakaian. Hal ini paling tidak harus kita ketahui. Berikut komponen yang habis karena dipemakaian: 

A. Kampas rem

     Kampas rem merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengaman dikendaraan. Kampas rem tidak bisa ditentukan kapan habisnya, karena itu tergantung pemakaian kita. Semakin sering kita menggunakan rem maka akan semakin cepat pula kampas rem akan habis. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahan kampas rem di masa yang sekarang ini ada yang cepat habis ada pula yang lama habisnya tetapi merusak piringan cakram/tromolnya. 

Jadi lebih bijaklah dalam memilih kampas rem kendaraan. Jangan karena lebih murah harganya nyawa menjadi taruhannya. 

B. Kampas kopling 

Kampas kopling juga merupakan komponen kendaraan yang habis karena pemakaian. Untuk kampas kopling tidak dapat dilihat secara visual karena berada didalam mesin. Biasanya bila kampas kopling mau habis ditandai dengan tarikan agak berat atau mesin meraung. Jika kampas kopling sampai habis dapat dipastikan kendaraan tidak dapat berjalan. 

Tips biar kampas kopling tidak cepat habis Hindari memainkan setengah kopling terlalu lama dan pastikan ada jarak bebas pada handle kopling. 

C. Gear set/v-belt 

Gear set/v-belt merupakan bagian penggerak pada kendaraan. Perlu juga diperhatikan guna menghindari gear set/v-belt putus dijalan. Tidak masalah jika putusnya di area yang rame dan dekat bengkel, jika putusnya ditempat yang sepi dan jauh dari bengkel itu merupakan cobaan. 

Untuk gear set dapat kita cek secara visual, sedangkan untuk v-belt harus dilakukan pembongkaran terlebih dahulu. Agar gear set/v-belt bertahan lebih lama perlakukan kendaraan dengan halus, jangan lakukan gas berkejut-kejut karena dapat menyebabkan gear set/v-belt menjadi lebih pendek jangka pemakainnya. 

3. Komponen yang berjangka waktu Di kendaraan bermotor terdapat juga komponen yang pada jarak tempuh tertentu harus dilakukan pergantian. Berikut kompone yang diperlukan pergantiaan pada jarak tempuh tertentu.

 A. Busi 


 Busi merupakan part yang harus dilakukan pergantian pada jarak tempuh tertentu karena seiring pemakaian kinerja busi akan menurun. Dan jika busi sudah tidak berfungsi lagi kendaraan akan mogok. Biasanya untuk kendaraan bermotor disarankan per 6000km untuk pergantian businya. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat/lebih lama tergantung businya. 

Untuk yang mau pergantian businya pada jarak yang lebih jauh bisa menggunakan busi iridium, tentu harganya lebih mahal dari busi standart.

 "perlu diperhatikan bahwa beberapa kendaraan jika busi tidak sesuai speknya dapat menyebabkan masalah seperti nyendat-nyendat atau lainnya. 

B. Saringan udara

   Saringan udara juga merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena jika saringan udara kotor/tersumbat bisa mengakibatkan kendaraan bermasalah dan paling parahnya jika kotoran masuk ke mesin dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. 

Biasanya saringan udara disarankan dilakukan pergantian per 12.000km. Tetapi itu tergantung medan yang ditempuh, biasanya medan yang berdebu mengakibatkan saringan udara lebih cepat kotornya. Sebagian kendaraan sekarang saringan udaranya tidak bisa dibersihkan/harus dilakukan pergantian jika kotor. 

4. Filter oli 

Sebagian kendaraan sekarang ada yang dilengkapi dengan filter oli. Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Untuk filter oli biasanya dilakukan pergatian per dua kali ganti oli.
 


  Perlu jadi perhatian jika mengganti filter oli usahakan yang geuine part. Karena sebagian filter oli yang tidak asli bisa mengkerut jika panas, hal ini dapat mengakibatkan oli tidak dapat bersirkulasi dan komponen mesin dapat aus.

 5. Tangki bahan bakar

     Pada masa yang sekarang ini rata-rata kendaraan sudah dibekali dengan sistem injeksi yang mana dibagian tangki baham bakarnya pasti terdapat pompa injeksi. Hal yang perlu diperhatikan adalah perlu dilakukan permbersihan tangki bahan bakar secara berkala, minimal 6 bulan sekali guna menghindari kotoran menumpuk di saringan pompa. 

Jika kotoran menyumbat dan ikut masuk kepompa injeksi dapat menyebabkan kerusakan pada pompa injeksi. Biasanya ditandai dengan kendaraan bermotor mbrebet.




Untuk beberapa kendaraan bermotor ada yang saringan pompanya bisa diganti jika kotor. Bisa juga dengan menggunakan Carbon Cleaner yang dijual di bengkel.

6. Lampu

  Lampu pada kendaraan bermotor tidak dapat dipastikan jangka waktu pemakaiannya. Ada yang baru sebentar sudah putus ada juga yang sudah lama masih awet. Jangan sepelekan lampu karena ini berfungsi untuk penerangan dimalam hari dan juga isyarat. Jangan sampai karena lampu rem/belakang tidak menyala kita ditabrak kendaraan lain dari belakang. 

Yang sering terjadi adalah lampu belakang tidak menyala, padahal itu sangat berbahaya pada saat berkendara dimalam hari. Jangan pula lampu reting tidak menyala pada saat akan berbelok. Yang sering terjadi sekarang adalah reting mendadak pada saat mau belok/ reting kanan beloknya kiri. Padahal itu sangat berbahaya untuk kita dan orang lain. 

Jika motor sehat kegiatan sehari-hari kita tidak akan tergganggu dan hati tenang saat berkendara. Jika motor bermasalah kegiatan sehari-hari akan terganggu dan pasti akan mengganggu keuangan kita juga.


 Sekian dulu dari saya semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Bila ada kekurangan atau kesalaham dalam penulisan silahkan tambahkan dikolom komentar. 




Terima kasih.





 

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Post terbaru

Post populer