Saturday, 6 May 2017

Problem yang sering terjadi pada vixion NVL

Kali ini saya mau berbagi tentang problem yang sering terjadi pada vixion NVL berdasarkan pengalaman pribadi dan dari share temen. Mungkin salah satu dari sobat semua juga pernah mengalami salah satunya.

1. Aki drop mesin gak bisa hidup


Pada vixion NVL jika akinya drop mesin gak bakal hidup biar diengkol mati-matian berbeda dengan vixion old yang diengkol masih bisa hidup walaupun kurang enak pas dipakainya.

2. Bearing chasis cepat goyang

Tidak seperti moped atau matic yang bearing chasisnya dari karet sehingga lebih awat dan kuat, pada vixion NVL maupun OLD bearing chasisnya berupa bearing bambu dan bushing. Jika bearing rusak untuk pertama kali bisa hanya dengan mengganti bearing chasisnya aja, karena bushing nya bisa dibalik posisinya. 

Jika sampai kedua kalinya terpaksa harus ganti beserta bushingnya. Karena bila bearing chasisnya rusak, bushingnya juga ikut kemakan. Bila cuma diganti bearingnya saja pasti tidak tahan lama karena kondisi bushnya sudah kemakan/aus.

3. Konis cepat aus/kocak

Konis pada vixion NVL cepat aus atau kocak, bila konis distel maka stang akan kaku/keras. Dan motor kurang enak dipakainya. Tentu juga bisa membahayakan diri kita.

Biarpun sudah diganti dengan yang baru dari YGP akan terasa sedikit perbedaan dari bawaan pabriknya.
Itulah pengalaman yang saya rasakan perbedaan konis bawaan dan yang sudah diganti biarpun YGP. Mungkin diantara sobat semua ada yang pernah mengalaminya juga.

4. Motor nyendat/mati2 sendiri

Pas lagi enak-enak jalan tiba2 motor nyendat-nyendat dan kadang bisa mati sendiri. Setelah di cekkan ke bengkel ternyata dari saringan pompa yang kotor. Sehingga minyak agak tersumbat mengalirnya. Yah harus ganti deh tu saringannya.
Sebenarnya bisa juga dibersihkan saringannya tetapi hasilnya tidak akan maksimal. Yah lumayan juga untuk harga saringan pompanya seharga 82 ribu.
Daripada baru sebentar kambuh lagi tu penyakit mending ganti saja saringannya.

Solusi biar saringan tidak cepat kotor
Usahakan mengisi minyak dipom dan gunakan minyak tanpa timbal. Sebenarnya untuk semua motor injeksi di anjurkan untu memakai minyak tanpa timbal.
Bisa juga dengan memakai carbon cleaner, biasanya dijual dibengkel resmi.
Carbon cleaner berfungsi untuk membersihkan kerak di tangki dan ruang bakar.
Patut jadi perhatian juga untuk businya, karena pemakain busi yang tidak sesuai speknya dapat membuat motor nyendat.

Hati2 juga bila menaruh barang/kantong dibawah jok, karena bila sampe menyumbat lubang saringan udara bisa membuat kendaraan tidak bisa lari. Ini hal sepele yang sering terjadi. Mungkin sobat ada juga yang pernah mengalaminya.

5. Lampu depan cepat putus

Karena pada vixion NVL lampu depan otomatis menyala saat mesin dihidupkan.
Solusi biar agak awet
Sobat bisa mengakalinya dengan memakai lampu jauh saat siang dan lampu pendeknya saat malam. Atau sobat bisa mengganti ketekan lampunya dengan vixion OLD sehingga jika tidak perlu lampu depan bisa dimatikan.

6. Rante cepat kendor

Seperti yang sudah diketahui bahwa rante pada vixion NVL cepat habis stelannnya padahal kondisi gearnya masih bagus.
Bila stelannya habis dan gear masih bagus sobat bisa mengganti rantenya saja dengan yang aftermarket.

Jangan mencoba untuk memotong rantenya karena memang tidak dianjurkan dan bisa membahayakan diri sendiri.

Atau sobat yang tetap ingin barang YGP bisa menggantinya dengan yang DID yang menurut pabrikannya lebih awat, tapi sobat harus merogoh kantung agak dalam karena harganya pasti lebih mahal dari yang standartnya.

7. Mesin bunyi dengung

Hal ini disebabkan oleh spull karena ada salah satu lilitan yang gosong. Biasanya ditandai dengan lampu depan tidak hidup saat idling/langsam atau tidak hidup sama sekali lampu depannya, dan pasti pengisian ke aki bermasalah.

Bila dibiarkan akan menyebabkan aki drop bahkan tidak bisa dipakai lagi akinya.

8. Oli sering kurang

Sudah menjadi rahasia umum bila oli vixion NVL sering kurang saat dilakukan pergantian oli. Bahkan ada yang sampai signifikan kurangnya. Ada yang ditandai dengan berasap ada juga yang tidak ada asapnya sama sekali( mungkin asap tipis sehingga tidak terlihat).

Solusinya
Bisa mengganti dengan ring piston vixion old yang harganya berkisar 130 rbuan.

9. Lampu belakang cepat mati

Hal ini bisa disebabkan oleh lampu rem yang menyala terus. Lampu rem menyala terus bisa dikarenakan stelan lampu rem belakang yang terlalu kencang atau switch rem depan sudah mulai kendor.

10.  Kopling slip

Kopling slip disebabkan karenakan salah satu kampas gosong/habis, dikarenakan ada 1 kampas kopling pada vixion NVL yang berbeda dari yang lainnya. Nah kenapa ada 1 yang beda jawabannya cuma yamaha yang tau. Apabila kopling slip pasti tenaga kurang dan yang paling parah tidak bisa dikopling sama sekali.

Solusinya
Bisa memakai kampas kopling jup mx lama atau jup mx new. Karena kampas kopling vixion NVL berbeda dengan vixion OLD.
harga kampas kopling jup mx sekitar Rp 35000/bijinya,dan jup mx new Rp 39.000/bijinnya.

11. Mesin suara kasar

Vixion NVL identik dengan suara agak kasar. Hal ini mungkin disebabkan karena celah/clearen pada Vixion NVL dibuat agak lebar. Dan ditambah lagi suara dari drug kopling yang menambah kasar suara mesin saat idle/langsam.
Jadi sobat semua harus membiasakan diri dengan suara mesin Vixion NVL ini.

12. Bearing segitiga ayun belakang cepat aus/rusak

Pada Vixion NVL shock belakang ditopang oleh segitiga ayun. Sigitiga ayun ini terdiri dari bearing, arm, seal,dan bushing. bearing pada lengan ayun ini cepat rusak terlebih lagi untuk medan yang bergelombang dan jalan bertanah.
Yang biasanya paling pertama rusak adalah bearingnya, bila dibiarkan berkelanjutan akan merambat ke bushing, seal bahkan segitiga armnya.

Berikut diatas adalah masalah yang sering terjadi pada motor vixion NVL. Mungkin masih ada beberapa masalah lain yang sering dialami pengguna vixion NVL.

Sekian dulu dari saya semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Bila ada kesalahan /kekurangan bisa ditambahkan dikolom komentar.


Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Post terbaru

Post populer