Seiring dengan kemajuan jaman industri otomotifpun mulai mengikuti kamajuan jaman. Motor dengan karburator sudah mulai ditinggalkan digantikan dengan motor injeksi. Hampir semua pabrikan motor sekarang menggunakan sistem injeksi pada motor yang dikeluarkannya. Motor dengan karburator sudah mulai ditinggalkan oleh pabrikan motor.
Untuk kesempatan ini saya akan membahas mengenai perbedaan motor keluaran dulu dan masa kini. Terdapat banyak perubahan yang dilakukan oleh pabrikan mulai dari kelistrikan, mesin dan penggeraknya.
Berikut beberapa perbedaannya:
1. Sistem bahan bakar
Untuk sistem bahan bakar terdapat banyak perubahan dimana motor dulu menggunakan karburator sebagai penyuplai bahan bakar ke ruang bakar, sedangan motor sekarang hampir semuanya menggukan sistem injeksi dimana bahan bakar dipompa oleh fuel pump dari tangki menuju injector melalui pipa bahan bakar baru injector menyemprotkan bahan bakar keruang bakar sesuai perintah ECU.
Kelebihan sistem injeksi:
a. Pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna karena bahan bakar disemprotkan keruang bakar.
b. Komsumsi bahan bakar lebih irit dikarenakan motor injeksi di lengkapi dengan O2 sensor.( tapi semua tetap tergantung si pengendara karena biarpun motor injeksi saat akselerasi tetap mengkonsumsi bahan bakar yang banyak).
c. Bila dikendaraan terdapat problem yang berhubungan dengan sistem kelistrikan dan injeksi lampu indikator(peringatan) akan menyala.
Untuk perawatan pada motor injeksi harus lebih diperhatikan bahan bakar, karena bila bahan bakarnya bercampur air atau kotoran akan menyebabkan komponenya cepat rusak, biasanya komponen yang pertama rusak adalah fuel pump(pompa minyak)nya. Walaupun fuel pump dilengkapi dengan saringan tetapi jika kotoran menumpuk akan menyumbat bahan bakar yang di pompa. Karena harga fuel pumpnya tidak murah,terlebih lagi jika injectornya juga rusak biaya yang diperlukan lebih banyak.
Hal yang sama juga berlaku untuk motor karburator, tapi lebih enaknya karburator kita tinggal membersihkan karburatornya saja.
2. Mesin
Dibagian mesin juga mengalami banyak perubahan dimana motor dulu menggunakan bahan campuran besi untuk cylinder(blok), sedangkan motor sekarang menggunakan campuran alumunium sebagai bahan utamanya. Dimana bila motor sekarang bloknya rusak harus ganti(hanya sekali pakai) untuk bloknya. Sedangkan untuk motor dulu masih bisa dibubut untuk bloknya.
Daya tahannya pun berbeda dengan motor dulu, konsumsi oli mesinnya pun jauh berbeda. Motor sekarang hampir rata-rata penguapan oli mesinnya lebih banyak, terlebih lagi untuk motor matic. Lambat sedikit saja penggatian oli, olinya bisa berkurang banyak bahkan bisa habis olinya. Kemungkinan hal ini disebabkan karena clearence(celah) olinya terlalu lebar sehingga oli yang terbuang atau terbakar lebih banyak. Memang rata-rata tidak terlihat knalpot ngasap dikarenakan asapnya yang tipis sehingga tidak dapat terlihat oleh mata.
3. Sistem kelistrikan
Untuk bagian yang satu ini terdapat perombakan yang besar-besaran. Bagaimana tidak bila motor yang menggunakan karburator hanya sistem pengisian, pengapian dan penerangan saja, sedangkan untuk motor injeksi semua sistemnya menggunakan sinyal yang dikontrol oleh ECU. ECU adalah otaknya pada motor injeksi, sedangkan pada motor karburator otaknya disebut CDI. ECU memeliki komponen yang lebih rumit daripada CDI. Jalur kabelnya pun lebih banyak pada motor injeksi.
Kelebihan dimotor injeksi:
a. Bila ada kerusakan pada komponen injeksi ECU akan mengdikasi dan memberikan peringatan ke pengguna dengan menyalakan lampu indikator peringatan.
4. Bodi
Untuk bagian bodi motor sekarang lebih bagus daripada motor dulu karena motor sekarang memiliki desain yang modern dan gak ketinggalan jaman. Tetapi untuk kualitas catnya lebih bagus motor dahulu karena daya tahan catnya lebih lama dan catnya terdapat cat dasarnya, sedangkan untuk motor sekarang catnya lebih cepat kubas warnanya dan lebih tipis catnya.
Berikut diatas adalah beberapa perbedaan pada motor dulu dan sekarang. Memang motor sekarang dibekali dengan teknologi yang canggih mulai dari alarm, injeksi bahkan ada yang tanpa menggunakan kunci kontak. Tapi kalo untuk daya tahan pada komponen-komponennya saya sendiri lebih memilih motor dulu karena daya tahan dan kualitas komponen-komponenya lebih bagus dari motor sekarang.
Sobat semua bisa bandingkan sendiri untuk motor dulu waktu motor baru jarang terjadi masalah atau problem, sedangkan motor keluaran sekarang motor yang kondisinya masih baru tidak sedikit yang sudah bermasalah mulai dari mesinnya kelistrikannya dan komponen-komponen lainnya.
Sekian dulu dari saya semoga dapat bermanfaat dan membatu bagi sobat semua. Bila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan silahkan tambahkan dikolom komentar.
Terima kasih.
No comments:
Post a Comment